Asus

BOLSEL-- Dalam rangka meoptimalkan pelayanan sarana kesehatan ke masyarakat. Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Dinas Kesehatan terus memacu target mengakreditasi semua Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) yang di daerah tersebut. Menurut Kepada Dinas Kesehatan, dr Sadly Mokodongan, dari delapan Puskesmas yang ada, lima di antaranya sudah terakreditas dan duanya lagi dalam waktu dekat akan menyusul.

"Pekan kemarin,tim Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (KA-FKTP), sudah melakukan penilaian di Puskesmas Adow dan Dumangin,"bebernya. Lanjut dr Sadly, tim FKTP Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan survey sejak tanggal 14 sampai 18, di Puskesmas Adow dan Dumagin. “Alhamdullilah, setelah melalukan persiapan dengan memenuhi persyaratan, akhirnya penilaian selesai. Kita optimis dua puskesmas ini bisa lulus akreditas dengan hasil memuaskan,” ujarnya. Mantan Kepala RSUD Bolsel ini menjelaskan, syarat Puskesmas terakreditas dilihat dari pelayanan kesehatan dan memenuhi Standar Prosedur Operasional (SPO). “Puskesmas yang sudah terakreditas, kwalitas pelayanannya tidak diragukan lagi,”paparnya.

Dituturkannya, dari 8 Puskesmas, sudah lima yang terakreditas. Di antaranya, Puskesmas Molibagu yang terakreditasi madya dan Puskesmas Milangodaa akreditasi dasar, Puskesmas PinolosianMadya dan Momalia Madyadan Duminanga berstatus Akreditas Dasar. “Tingkatan akreditas ada tiga. dasar, Madya dan paripurna. Tiga Puskesmas di Bolsel berhasil meraih Madya. Kelas daerah (Kabupaten), akreditasi madya sudah memuaskan,” jelasnya. Tahun depan katanya, Dinkes akan mempersiapkan akreditas Puskesmas Onggunoi dan Akreditas ke dua Puskesmas Pinolosian. “Jadi, Puskesmas itu setiap tiga tahun diakreditasi. Nah, Puskesmas Pinolosian sudah masuk tahun ke tiga,” imbuhnya. Menurutnya, peningkatan mutu pelayanan dengan terakreditasnya Puskesmas tidak lepas dari peran aktif tenaga medis yang bertugas di Puskesmas. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar