Asus
Terima Sertifikat, Bupati Harapkan Untuk Pertahankan Status Bolsel Zero Frambusia

BOLSEL - Bupati Haji Iskandar Kamaru S Pt. M Si, hadiri kegiatan peringatan hari Neglected Tropical Diseases (NTBs) Sedunia, sekaligus menerima sertifikat Kabupaten bebas Frambusia, yang diserahkan oleh Menkes RI Budi Gunawan Sadikin, Selasa (21/2).

Kegiatan ini, dilaksanakan di Krakatau Grand Ballroom TMII dan di hadiri oleh 103 Bupati, Walikota penerima sertifikat bebas Frambusia dan 5 Bupati dan Walikota penerima Eliminasi Filariasis.

Dalam kegiatan ini, turut dihadiri Menteri Kesehatan RI Budi Hunawan Sadikin, Dirjen P2P Kemenkes RI dr. Maxi Rondonuwu M Kes, DHSM dan para pejabat utama Kemenkes serta para pemerhati kesehatan, dan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kota penerima penghargaan.

Usai menerima penghargan tersebut, Bupati menyampaikan berdasarkan Asesment laporan Frambusia, Bolsel sendiri sejak tahun tahun 2018 sampai saat ini zero Frambusia.

"Hal ini, dikuatkan dengan hasil survey dari tim Frambusia Kemenkes RI pada Desember 2022 lalu, yang mengambil sample siswa diskolah2 SD, MI se Bolsel, dan terdapat 163 suspek dengan hsil pemriksaan negatif (zero) atau tidak ditemukan positif Frambusia," terang Bupati.

Maka dari itu, Bupati berharap dengan diterimanya sertifikat ini agar menjadi semangat, serta berkomitmen dengan semua pihak yang berkompeten, untuk terus mengupayakan dan mempertahankan status Bolsel zero Frambusia seperti saat ini.

"Dan terus menggerakkan masyarakat, untuk mengetahui dan mencegah secara dini Frambusia," tukasnya. (ADV)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar