Asus
PT Adhi Karya Percepat Perluasan Bandara Sam Ratulangi

 Bandara Sam Ratulangi.

KLIKSULUT, MANADO - Jika tidak ada aral melintang, Bandara Sam Ratulangi akan diperluas menjadi 57.296 m2 dari sebelumnya 26.481 m2. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mendukung program perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado

Dengan luas wilayah yang baru, maka akan semakin besar fasilitas pelayanan publik, diantaranya menampung kapasitas penumpang dari 2,7 juta orang, menjadi 5,7 juta orang penumpang per tahun.

Bangunan bandara juga akan di design lebih modern berstandar internasional, ada penambahan fix bridge yang semula 3 unit menjadi 5 unit, counter check-in dari 30 unit menjadi 45 unit, serta area parkir yang lebih luas.

Gubernur mengingatkan PT Adhi Karya sebagai kontraktor pelaksana proyek agar mempercepat pekerjaan perluasan bandara lebih cepat dari waktu penyelesaian yaitu Oktober 2020.

“Saya optimis selesai sebelum Oktober, sehingga bisa dimanfaatkan nanti jelang Natal dan tahun baru, serta mempersiapkan diri sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan internasional G20 pada tahun 2023 mendatang,” ujar Olly Dondokambey saat menghadiri groundbreaking atau peletakan batu pertama perluasan Bandara Sam Ratulangi, Senin (9/3).

Dalam groundbreaking ini, urut hadir, jajaran PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku pelaksana proyek, PT Penta Rekayasa selaku konsultan perencana, PT Artefak Arkindo selaku konsultan manajemen konstruksi, Wali Kota Manado Vicky Lumentut serta jajaran pejabat Pemprov Sulut dan pejabat di Angkasa Pura.

Gubernur Olly Dondokambey bersama para petinggi Angkasa Pura, dalam peletakan batu pertama, Senin (9/3/2020).

Olly Dondokambey optimis dengan fasilitas bandara yang semakin berkelas, maka akan menarik kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara, terlebih mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Likupang dan sejumlah destinasi pariwisata pendukung lainnya di seluruh wilayah Sulut.

“Apresiasi kepada GM Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Minggus Gandeguai yang cekatan dalam mengantisipasi virus Corona, sehingga sampai saat ini Sulut aman,” tambah Olly.

Terpisah, GM Angkasa Pura Minggus Gandeguai menambahkan, dengan dimulainya pekerjaan proyek maka pada Desember, bandara akan tampil dengan wajah baru.

“Pada Desember nanti bandar telah dapat digunakan para pengguna jasa khususnya masyarakat Sulut,” ujar Minggus seraya berharap dukungan dari seluruh pihak agar proyek perluasan bandara kebanggaan masyarakat Sulut dapat berjalan dengan lancar dan selesai pada waktu yang telah ditentukan. (*)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar