Asus
Kementerian Pertahanan RI Berikan Materi Melalui Sosialisasi, Pembinaan Kesadaran Bela Negara

Kliksulut.com - Kementerian Pertahanan Republik Indonesia memberikan materi Bela Negara melalui kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Lingkup Pendidikan, Kota Menado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dalam kegiatan ini, di ikuti oleh 240  pelajar SLTA/Sederajat dan dihadiri pejabat Forkompinda Kota Manado, Kadisdik Provinsi Sulut, serta Kadisdik Kota Manado bertempat di Swiss-belhotel Maleosan Manado. 

Pada pembukaan kegiatan Sosialisasi tersebut, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT dalam sambutannya yang dibacakan Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan RI Brigjen TNI G. Eko Sunarto, S.Pd., M.Si, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara kali ini di Lingkup Pendidikan untuk pelajar SLTA/Sederajat. Kegiatan Sosialisasi ini, bertujuan untuk membangun dan menanamkan sikap mental dan perilaku warga negara untuk senantiasa cinta kepada tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal Bela Negara.

"Nilai Dasar Bela Negara inilah yang diharapkan dapat menjadi landasan sikap, dan perilaku kita semua yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai bidang dan profesi masing-masing," ucap Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan RI Brigjen TNI G. Eko Sunarto, S.Pd., M.Si.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Manado mengucapkan terima kasih dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Walikota Manado dr. Richard H.M. Sualang kepada Kementerian Pertahanan RI, khususnya Dirjen Pothan Kemhan RI yang telah memilih Kota Manado, sebagai salah satu sasaran penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Lingkup Pendidikan tahun 2024. 

Lebih lanjut Walikota Manado mengatakan, dengan melalui kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara ini, bertujuan untuk membangun Kesadaran Bela Negara Lingkup Pendidikan tahun 2024, dalam upaya membangun daya tangkal bangsa untuk mewujudkan Sistem Pertahanan Negara yang tangguh.

Walikota pun meminta kepada peserta agar kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Lingkup Pendidikan tahun 2024 di Kota Manado, benar-benar diikuti secara serius dan tanyakan apabila belum memahami tentang makna kegiatan ini, demikian pintanya.

Juga disampaikan bahwa sasaran kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Lingkup Pendidikan bagi pelajar SLTA/Sederajat, adalah membentuk Kader Bela Negara yang mampu menumbuhkembangkan dan menyebarluaskan Kesadaran Bela Negara di Kota Manado, Sulut.

Narasumber pada kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Lingkup Pendidikan tahun 2024 kali ini, dari Kementerian Pertahanan adalah Analis Pertahanan Negara Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Pembina Utama Drs. Panca Mugi P. M.M (Han), dengan materi  Nilai Dasar Bela Negara, BNN Provinsi Sulut dalam hal ini diwakili oleh Pembina IV/a Sam Gustaf Repy, Amk Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat dengan materi Bahaya Narkotika Bagi Generasi Muda Penerus Bangsa, dan Kadiskominfotik Provinsi Sulawesi Utara Pembina Utama Madya IV/d Evans Steven Liow, S.Sos., M.M. dengan materi Bijak dan cerdas Bermedia Sosial Bagian dari Bela Negara. (***)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar