Asus
Upacara HUT Bolsel Ke-15 Sukses Digelar

 

KlikSulut, Bolsel - Pemkab Bolsel kembali peringati Hari Ulang Tahun (Hut) Bolsel ke-15, yang mmengangkat tema "Gotong-royong bersama rakyat untuk Bolsel Berkah", dalam upacara bendera, yang dilaksanakan di Lapangan Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki, Jumat (21/7).

Upacara peringatan HUT ke-15 Bolsel ini, dipimpin langsung oleh Bupati Haji Iskandar Kamaru SPt, MSi dan dihadiri oleh Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Ketua DPRD Ir Ariffin Olii bersama para Anggota DPRD Kabupaten lainnya, Kapolres Bolsel, Dandim 1303 BM, Kepala Pos TNI-AL, pimpinan instansi vertikal di Bolsel, Sekda M. Arvan Ohy SSTP, MAP, para Asisten Sekda, Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, pimpinan PD beserta jajaran ASN dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati atas nama pribadi dan Pemkab mengucapkan Selamat Hari Lahir untuk negeri yang sama-sama dicintai ini.

"Daerah ini adalah milik kita bersama, yang kita perjuangkan sama-sama, oleh karenanya menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjaga dan memajukannya. Melalui momentum peringatan ulang tahun ke-15, hendaknya kita mengingat kembali jasa dan pengorbanan para pendahulu, tugas kita hanyalah melanjutkan pembangunan yang telah mereka rintis dan perjuangkan sehingga Bolsel menjadi daerah yang terus berbenah ke arah yang lebih baik," ucap Kamaru.

Lanjutnya, Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang menjadi bagian penting dari perjalanan Bolsel sejak berdiri sebagai wilayah otonom pada 21 Juli 2008 hingga saat ini dan mengajak semua pihak bekerjasama untuk mewujudkan visi daerah 2021-2026 yaitu Terwujudnya Bolsel bersatu, berdaulat, mandiri, sejahtera dan berkepribadian dengan semangat gotong royong yang berdasarkan Pancasila. 

"Selang dua tahun kepemimpinan saya dan Pak Wabup Deddy, tentunya tidak sedikit persoalan dan dinamika yang terjadi. Oleh karena itu, kami mohon dukungan dan partisipasi aktif dari semua pihak untuk bersama-sama membangun daerah ini," harapnya.

Bupati juga memaparkan beberapa capaian yang berhasil ditorehkan oleh Pemkab Bolsel, yang di antaranya yaitu, pertumbuhan ekonomi tumbuh positif pada angka 5,20%, angka kemiskinan turun menjadi 11,92% dari sebelumnya 18,81%, angka kemiskinan ekstrem 0%, angka pengangguran terendah di Provinsin Sulut sebesar 2,75%, gini ratio terendah di Sulut di angka 0,307% yang berarti kecilnya ketimpangan pendapatan antar wilayah di Bolsel, Bidang penyelenggaraan Pemkab Bolsel mendapat penghargaan dari Kemendagri bersama 7 kabupaten Kota lainnya di Sulut dengan skor 2,61, meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan daerah untuk yang ke-9 kali berturut-turut, mendapatkan penghargaan Kabupaten Peduli HAM selang tahun 2016-2021 dari Kementerian Hukum dan HAM RI, Bidang Kesehatan Bolsel meraih penghargaan Kabupaten Sehat Tahun 2021, Terbaik ke-2 Instalasi Farmasi yang melakukan manajemen pengelolaan obat dan vaksin sesuai standar, penghargaan persentase tertinggi Universal Health Coverage (UHC) atas cakupan kepesertaan (95,83%) penduduk sebagai peserta JKN/KIS, serta penghargaan Kabupaten Bebas Frambusia Tahun 2023.

"Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa. Sementara, terhadap beberapa permasalahan yang belum sempat sepenuhnya dituntaskan, mari kita satukan tekad agar di masa mendatang Bolsel jauh lebih baik dari hari ini. Untuk itu saya mengajak semua pihak untuk lebih mempererat hubungan, merapatkan barisan dalam rangka membangun daerah tercinta ini," pungkasnya. (Adv)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar