Asus
Idul Adha 2022 Berapa Hari Lagi ? Ini Penjelasannya

KLIK SULUT – Idul Adha 2022 berapa hari lagi ? pertanyaan yang sering muncul di pikiran setiap umat muslim.

 

Idhul Adha 2022 tidak akan lama lagi yakni tinggal 11 hari lagi dihitung mulai hari ini, Idhul Adha 2022 ini suda di depan mata apa yang telah engkau siapkan ?

 

Mari kita mengenal apa itu Idhul Adha lebih dalam lagi, mungkin dari pembaca banyak yang belum mengenal perayaan Idhul Adha

 

Baik dari sejarah maupun pengertian Idhul Adha itu sendiri. Idhul Adha merupakan sebuah hari raya dalam agama Islam.

 

Hari ini memperingati peristiwa kurban, ketika Nabi Ibrahim mengorbankan putranya, kemudian Allah menggantikan Ismail (putra Nabi Ibrahim dengan Domba).

 

Adapun nama lain dari Idhul Adha adalah Lebaran haji.

 

Tujuan dari peringatan Idhul Adha adalah peringatan peristiwa ketika nabi Ibrahim A.S. bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah.

 

Kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba Waktu pelaksanaan Idhul Adha yaitu Hari ke-10 bulan ke-12 (Zulhijah) kelender Hijriyah.

 

Pada tahun 2022 ini perayaan hari raya Idhul Adha jatuh pada 9 sampai 10 Juli 2022 pada hari sabtu dan minggu.

 

Perayaan Idhul Adha memiliki beberapa versi mulai dari versi Muhammadiyah, NU dan versi Pemerintah.

 

 

Idhul Adha Versi Muhammadiyah

Idhul Adha 1443 ini jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022 seperti yang sudah ditetapkan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

 

Keputusan itu tertuang pada Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zuhijah 1443 Hijriah.

 

Idhul Adha Versi NU ( Nahdatul Ulama)

Idhul Adha Versi NU memiliki pandangan berbeda dengan Muhammadiyah yang telah menentukan Idhul Adha, NU Justru masih belum menetapkan hari H, Idhul Adha.

 

Pada 29 Juni 2022 sidang isbat akan dilaksanakan untuk menetapkan Hari Raya Idul Adha 2022. Setelah melihat posisi hilal, barulah bisa ditentukan kapan tepatnya Idhul Adha 2022

 

Idhul Adha Versi Pemerintah

Idhul Adha versi Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) masih menunggu hasil sidang isbat. Untuk menentukan Idhu Adha biasanya akan dilakukan pemantauan hilal dan kemudian dilanjutkan dengan pengumuman isbat.

 

Idhul adha 2022 ini berpotensi memiliki penentuan tanggal yang berbeda antara Pemerintah, NU, Muhammadyah hal ini disampaikan oleh Profesor Riset Astronomi-Astrofisikan BRIN Thomas Djamaluddin.

 

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar