Asus
Jelang Hari Pencoblosan Pilsang Serentak di Bolsel, Pemkab Gelar Giat Deklarasi Damai
Kliksulut.com, Bolsel - Jelang pelaksanaan pemilihan sangadi (Pilsang) serentak yang akan digelar di 38 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) pada 18 Mei mendatang, Pemerintah daerah menggelar deklarasi damai pemilihan sangadi, bertempat di Kantor Kecamatan Bolaang Uki, Desa Molibagu, Selasa (10/5/2022).
 
Bupati Iskandar Kamaru yang hadir dalam giat tersebut mengatakan, pilsang merupakan pesta demokrasi tingkat desa yang sudah sering dilakukan. Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat di 38 desa yang akan melaksanakan hajatan pilsang agar dapat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), serta turut andil menyukseskan pilsang serentak yang akan dilaksanakan pekan depan. 
 
"Lancar, aman, damai dan suksesnya pilsang ini tentu menjadi tanggungjawab bersama. Saya berharap, tidak ada permusuhan antara pasangan calon maupun pendukung masing-masing calon. Jadilah pemilih yang cerdas," kata Bupati. 
 
Soal kalah menang itu kata Iskandar, adalah hal yang biasa, untuk itu para peserta Pilsang jangan memutus tali persaudaraan apabila belum berhasil.
 
"Apalagi hari ini (Kemarin, red) para peserta telah menandatangani Deklarasi Damai. Jadi jangan ada lagi perselisihan hanya karena beda pilihan," tegas Kamaru. 
 
Politisi PDI Perjuangan ini juga menegaskan kepada para calon agar jangan mengedarkan dan bahkan menggelar pesta miras pada saat Pilsang.
 
"Pemda, Polres dan TNI akan terus memantau dan memastikan proses Pilsang serentak ini berjalan dengan baik, aman dan lancar. Jangan ada pesta miras. Sekali lagi saya tekankan kepada para calon, kalah menang itu adalah hal yang biasa. Jadi harus siap menang dan siap kalah juga. Pemerintah daerah sama sekali tidak ada intervensi kepada masyarakat terkait calon-calon sangadi di 38 desa ini," tutup Kamaru sembari mengingatkan kepada seluruh calon dan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat mendatangi lokasi pencoblosan. 
 
Diketahui, acara Deklarasi damai ini dilaksanakan serentak ditiap Kecamatan dan disaksikan langsung oleh unsur Forkopimda Kabupaten Bolsel. 
 
Turut hadir Kapolres Bolsel AKBP Ketut Suryana, Sekda Marzanzius Arvan Ohy, Asisten 2 Suja Alamri, Danramil, Kapolsek Bolaang Uki, Camat dan para calon peserta Pilsang serentak. (feb) 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar