Asus
Klappertart

KLIKSULUT - Klappertaart yang masih ada pengaruh dari zaman penjajahan Belanda merupakan kue khas Manado yang berbahan dasar kelapa. Biasanya kue ini lebih enak disantap apabila disajikan dingin4). Klappertaart dibuat dengan mencampur susu, telur, mentega, tepung terigu, dan kelapa. Karena rasanya yang enak, kue ini sudah meluas dan banyak kita jumpai di daerah di luar Manado.

Bahan-bahan (4 PORSI)

  1. 3 buahkelapa muda, pisahkan antara air dan dagingnya
  2. 50 grtepung terigu
  3. 30 grtepung maizena
  4. 50 grsusu bubuk putih
  5. 200 grgula pasir
  6. 3 butirkuning telur
  7. 75 grmargarin
  8. 1/2 sdtvanili
  9. 30 grkenari, cincang kasar
  10. 30 grkismis
  11. Bahan toping:
  12. 3 butirputih telur
  13. 30 grgula halus
  14. 1 sdtkayumanis bubuk
  15. 25 grkismis

Langkah

  1. Dalam wadah campur tepung terigu, tepung maizena, kuning telur, susu bubuk putih, vanili dan 1/2 sisa air kelapa yang belum direbus tadi. Aduk rata.

  2. Rebus 1/2 bagian air kelapa, gula halus dan margarin hingga mendidih. Angkat.

  3. Tuang air rebusan tadi kedalam campuran tepung dan 1/2 sisa air kelapa beserta dengan kuning telur, daging kelapa, kismis dan kenari. Aduk hingga rata.

  4. Tuang adonan kedalam cetakan yang sudah dialasi dengan alumunium foil. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu selama 15 menit.

  5. Sementara itu kocok putih telur dengan gula halus hingga kaku.

  6. Setelah kue dipanggang selama 15 menit, keluarkan kue dari oven dan olesi dengan kocokan putih telur secara merata dan taburi atasnya dengan bubuk kayu manis dan kismis. Masukkan lagi kue dalam oven dan panggang hingga matang.

Berita Terkait

TInggalkan Komentar