Asus
Hari Ini, Jokowi Resmikan Jalan Tol Manado-Minut-Bitung

KLIKSULUT-  Presiden Ir Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Manado-Minut-Bitung pada Selasa (29/09/2020) sore.

Jokowimeresmikan salah satu infrastuktur prestisius di Bumi Nyiur Melambai tersebut secara virtual, setelah sempat tertunda peresmiannya Juli lalu.

Meski Jokowi hanya meresmikan secara virtual, namun Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Ir M Basoeki Hadimoeliono MSc PhD dipastikan hadir di lokasi.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Pemprov Sulut Dra Ivonne RJ Kawatu membenarkan soal rencana peresmian jalan tol.

"Ya, rencananya akan diresmikan secara virtual oleh pak Presiden Jokowi, dan pak Menteri PUPR RI Basoeki akan hadir di lokasi jalan tol," ungkap Kabid Ivonne.

Sebelumnya Gubernur Olly Dondokambey SE telah menggenjot pihak pelaksana agar jalan tol ini cepat tuntas. Dan pada rencana peresmian Juli lalu, Gubernur Olly telah memantau langsung terkait kesiapan jalan tol, namun batal dilakukan.

Jalan Tol Manado-Minut-Bitung merupakan jaringan Jalan Tol Trans Sulawesi.yang memiliki panjang panjang 39 Km dengan total nilai investasi Rp6,19 triliun.

Yang pengerjaannya terdiri 2 seksi, yaitu Seksi 1 (14 km) dibiayai oleh dana APBN dan dana pinjaman dari pemerintah Cina, kemudian seksi 2 (25 km) dibiayai oleh investor PT Jasamarga Manado Bitung.

Setelah beroperasi penuh, jalan tol ini akan memangkas waktu perjalanan dari Manado—Bitung, yang sebelumnya diperlukan waktu 1 jam—1,5 jam menjadi 40 menit—50 menit.(don)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar