Asus
Perbaikan Jalan Masuk Pabrik Gula Semut Mendesak

BUTUH PERBAIKAN: Kondisi jalan menuju Pabrik Gula Aren di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur.

 

KLIKSULUT, KOTAMOBAGU – Akses jalan masuk Pabrik Gula Semut mendesak diperbaiki. Pasalnya, jalan menuju pabrik yang selesai dibangun pada 2016 lalu di Desa Moyag itu rusak parah dan sulit dilalui kendaraan.

“Untuk sementara ini anggarannya belum ada. Kita masih menunggu petunjuk, apakah masuk APBD-P atau seperti apa,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Regina Mokoginta.

Pantauan koran ini, jalan menuju Pabrik Gula Semut sudah bisa dilalui kendaraan, baik roda dua dan roda empat. Hanya saja, lubang menganga ditambah batu berbagai ukuran yang berhamburan di jalan menyulitkan setiap pengendara yang melintas. “Kita harap dinas terkait bisa mengalokasikan anggarannya, karena kita (Pemerintah Desa) tak bisa menganggarkan lewat Dana Desa, karena ini masuk jalan kabupaten,” kata Sekretaris Desa (Sekdes) Moyag, Maskur Gumalangit.

Ia mengakui, infrastruktur jalan yang memadai akan sangat membantu pengoperasian pabrik tersebut. “Ada sekitar 300 meter yang sulit dilalui,” ujarnya.

Selain jalan yang memadai, sarana penunjang lainnya yang dibutuhkan untuk kelancaran pengoperasian pabrik tersebut adalah ketersediaan air. Pemdes setempat sudah beberapa kali menggali sumur bor namun tak menemukan mata air. “Tapi ada sumber mata air di sekitar sini. Ini akan coba kita manfaatkan. Kalau semua sudah tersedia, pabrik ini sudah bisa dioperasikan,” katanya. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar