Asus
Tronton Terguling Macetkan Jalan Tomohon

KLIKSULUT, TOMOHON - Truk tronton dengan nomor polisi DB 9004 QA dari Kota Tomohon menuju Manado, terbalik, Selasa (11/2) sekira pukul 03.00 Wita. 

Truk bermuatan rumah panggung itu, terbalik saat melewati tikungan tajam jalan trans antara Kinilow dan Tinoor. Beruntung peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Kecelakaan tunggal tersebut menimbulkan kemacetan hingga dilakukan sistem buka tutup dari arah Tomohon menuju Manado. Penumpukan kendaraan dari kedua arah pun tak dapat dicegah karena tidak ada akses jalan alternatif di dekat lokasi kejadian. Dibutuhkan waktu seharian untuk mengevakuasi truk tersebut.

Dua mobil crane yang tiba sekira pukul 09.30 Wita dikerahkan untuk mengangkat truk tronton tersebut. Satu jam kemudian, operator crane berhasil memposisikan kembali kabin kemudi, sehingga dapat segera dipindahkan. 

Kapolsek Tomohon Utara, AKP Ronny Rondonuwu mengatakan, proses evakuasi agak sulit karena truk tronton berukuran panjang ini terbalik tepat di tikungan jalan. Begitu juga saat akan memindahkan peti kemas yang memuat rumah panggung tersebut. "Peristiwa yang terjadi pada Selasa subuh ini hanya menyebabkan kerusakan pada truk tronton. Tidak ada korban jiwa," tandasnya. 

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Tomohon Iptu Hadi Siswanto SIK mengatakan, penyebab terbaliknya truk tronton tersebut diduga hilang kendali. "Mungkin juga supirnya mengantuk, lalu hilang kendali. Apa lagi mobil sebesar itu harus ekstra hati-hati untuk mengemudikan," sebutnya.

Ia berharap, para supir lebih berhati-hati saat melalui ruas jalan Tomohon-Manado. "Apalagi yang membawa muatan berat. Sebab ruas jalan tersebut kecil dan berliku," pungkasnya. (*)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar