Asus
Pemda Serius Kembangkan Potensi Pulau Lampu

 Bupati saat berkunjung ke Pulau Lampu, belum lama ini. (FOTO :ist)

KLIKSULUT, BOKSEL  - Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Iskandar Kamaru didampingi Dinas Pariwisata beserta pejabat Pemda lainnya, belum lama ini menggelar kunjungan di Pulau Lampu. Pulau yang jaraknya tak jauh dari Desa Iligon, Kecamatan Pinolosian Timur ini dikunjungi Pemda dalam rangka memantau potensi yang ada disana.

Demi memaksimalkan potensi pulau ) tersebut, Pemerintah daerah optimis mengembangkan objek wisata pulau lampu menjadi destinasi wisata andalan di Totabuan Selatan.

Sebagaimana yang disampaikan Bupati Iskandar Kamaru, pulau lampu memiliki banyak potensi.

"Seluruh warga Bolsel termasuk dinas terkait wajib menjaga dan mengembangkan tempat wisata Pulau Lampu tersebut. Pulau Lampu ini terletak di Kabupaten Bolsel wajib kita merawatnya dan dilestarikan bahkan kita kembangkan untuk destinasi wisata yang akan menarik banyak Wisatawan,” ujarnya.

Kamaru menjelaskan, sewaktu masih Bolmong bersatu, dan masih sebagai anggota DPRD Bolmong waktu itu. Ia menjadi salah satu saksi bahkan tokoh pemekaran kecamatan pinolosian Timur.

“Pada Tahun 2005 saya masih menjabat DPRD Bolaang Mongondow, sempat mengunjungi kecamatan persiapan Pinolosian Timur ini sampai ke desa Iligon bersama bapak Herson Mayulu,” ungkapnya.

Kamaru menambahkan, sekarang ini akses ke desa Iligon transportasinya sudah bagus dibandingkan waktu itu, yang menggunakan transportasi laut dan melewati bukit.

Sementara itu, dari sisi sejarah, menurut Bupati Pulau Lampu terdapat menara Suar Pondang yang sangat bersejarah.

"Dikarenakan, bangunan bersejarah tersebut berdiri pada tahun 1802 digunakan untuk menyimpan peralatan. Menara mercusuar ini peninggalan belanda dan masih berfungsi sebagai petunjuk arah kapal -kapal pada malam hari,”paparnya.

Sebagaimana diakui Bupati, di Pulau Lampu juga terdapat wadah penampung air hujan, sumur air tawar, gedung pengawasan, dan mercusuar berumur ratusan tahun yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Jika ini mendapat perhatian lebih dari Pemda, maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” harapnya. (*)

 

 

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar