Asus
DPMD Push APBDes Tuntas Desember

Foto : Tampak tim evaluasi APBDes saat menggelar evaluasi di Kantor DPMD,  pekan lalu.  (ant) 


KLIKSULUT,  BOLSEL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mogondow Selatan (Bolsel), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) akan lebih mempermantap sistem pengelolaan Dana Desa (Dandes) Tahun Anggaran (TA) 2020. Hal ini, seperti yang diungkapkan oleh Kadis DPMD, Ekfrie Van Gobel, melalui Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Suprin Mohulaingo, akhir pekan lalu. 

Mantan camat Tomini ini mengatakan, DPMD sebagai instansi teknis telah merencanakan sejumlah ketentuan baru. Bahwa saat ini salah satu yang menjadi fokus PMD adalah APBDes TA 2020. "Ditarget untuk semua desa APBDes 2020 harus rampung Desember ini," katanya. 
Dituturkannya, jika direncanakan evaluasi APBDes TA 2020 ’start’ Minggu ini dan tim evaluasi terdiri dari Dinas PMD, Inspektorat, Bappelitbang, BPKPD, Bagian Hukum dan Tujuh Camat se-Bolsel. Bahkan, jika rencana ini berjalan dengan baik, maka di awal Januari 2020 program kegiatan semua desa sudah bisa ’action’. "Tentu saja ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya nanti April baru action, sekarang itu dirubah tanpa mengabaikan aturan yang ada," jelasnya.
 
Sebelumnya, beberapa waktu lalu, hal ini juga pernah disampaikan langsung oleh Kepala Dinas PMD, jika sebelum Januari 2020, APBDes semua desa harus selesai. "Supaya tahun depan program kegiatan di desa bisa jalan lebih awal," kunci Ekafrie Van Gobel.(*)
 

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar