Asus
Pilsang Tujuh Desa di Kecamatan Dumoga Sukses

 

KLIKSULUT, BOLMONG - SEBANYAK 105 Desa yang tersebar di 15 Kecamatan se Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar pemilihan Sangadi (pilsang) serentak, Kamis (14/11) kemarin. Total 363 calon Sangadi bersaing ketat. Khusus di Kecamatan Dumoga, dari 12 desa, 7 diantaranya yang menggelar Pilsang. Adalah Desa Toruakat 2 calon, Desa Ponompiaan 3 calon, Desa Mototabian 3 calon, Desa Bumbungon 3 calon, Desa Siniyung 3 calon, Desa Siniyung Satu  2 calon dan Desa Dumoga Satu 4 calon. Total 20 orang calon Sangadi.

Dari pantauan media ini, seluruh proses tahapan mulai dari pendaftaran hingga hari pemungutan dan penghitungan suara di 7 desa tersebut berjalan dengan baik. Di sisi lain, berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolmong, total 81.159 wajib pilih di 105 desa penyelenggara pilsang serentak. Yang terdiri atas 41.968 pemilih laki-laki 39.191 pemilih perempuan. Untuk jumlah kotak suara di sesuaikan dengan jumlah dusun di desa. Yakni 141 kotak suara di 141 dusun yang ada di 105 desa.

Sebelumnya, Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow terus mengimbau agar para calon Sangadi untuk komit menjalankan ikrar berdasarkan deklarasi damai yang telah diucapkan. “Saya minta agar tetap komitmen dengan poin-poin yang telah disepakati bersama, serta tetap mengajak masyarakat untuk menerima apapun hasil nanti,” kata Bupati.

Menurut Bupati momentum Pilsang ini sebagai ajang pesta demokrasi, dan bukan dijadikan untuk membentuk kubu ego calon masing-masing pendukung. Sehingga terus diingatkan para calon agar mengajak seluruh masyarakat di desa masing-masing untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu konflik antar pendukung. “Saya minta kepada setiap calon sangadi, agar bertanggungjawab terhadap pendukung masing-masing. Mengajak masyarakat untuk melaksakan Pilsang yang berkualitas, aman dan damai,” imbau Bupati.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar