Asus
Karhutla Minut 250 Haktar Hangus Terbakar

KLIKSULUT.COM, MINUT-- Kemarau panjang yang menerpa Sulawesi Utara (Sulut) beberapa bulan terakhir ini, membuat hutan lahan di beberapa titik di Sulut khususnya Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengalami kekeringan hingga beberapa tampat terbakar.

 
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Minut sesuai data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minut hingga saat ini sudah mencapai 250 hektar (Ha) dari 10 kecamatan dan saat ini di gunung Klabat.
 
Hal tersebut dikatakan oleh Kepala BPBD Minut, Jofieta Supit saat selesai memantau dan memadamkan api di gunung Klabat. Selasa (17/9) kemarin.
 
Dikatakan Supit, ada beberapa titik di lokasi hutan lindung gunung Klabat yang hingga saat ini masih diselimuti api.
 
"Iya sudah sejak jumat lalu, lahan di hutan lindung gunung Klabat mulai terbakar hingga saat ini,"ujar Supit saat berada di lokasi kaki gunung Klabat.
 
Lanjut dikatakanya, hingga saat ini sejak musim kemarau pada beberapa bulan terakhir sudah mencapai 250 haktar karhutla di Minut yang hangus dilalap api.
 
 "Iya total seluruh kebakaran lahan dan hutan di 10 kecamatan di Minut sudah ada sekitar 250 Ha,"tuturnya.
 
Sementara saat ditanya terkait luas lahan hutan lindung gunung Klabat Supit menjelaskan saat ini sudah ada 50 Ha untuk lahan dan hutan lindung 30 Ha,"jelas Supit.
 
Dirinyapun mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI/Polri dan relawan lainnya yang sudah bahu membahu memadamkan api. Dengan adanya partisipasi relawan ini, merambatnya api mulai dibatasi meskipun dengan peralatan seadanya.  "Esok hari lagi masih ada aksi pemadaman api," tambah Supit.
 
Sementara itu, Camat Dimembe, Ansye Dengah mengatakan, kebakaran ini sudah terjadi di wilayah kerjanya sudah terjadi sekitar 5 hari yang lalu. Api diduga bermula dari pembakaran lahan belakang kantor Satpol PP dan Damkar Minut. "Untuk itu saya minta kepada warga agar jangan membakar lahan dengan sembarangan," katanya.
 
Diketahui bersama dalam pemadaman api di hutan lindung gunung Klabat Selasa kemarin Polres Minut menurunkan 15 personil dalam melakukan pemadaman api. Sementara  TNI Kodim 1310 Bitung menurunkan 20 personil.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar