Asus
Pemkab Bolmut Peringatan Hari Kartini dan Hari Otonomi Daerah 2019

Foto: Bupati Drs. Hi Depri Pontoh selaku Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Kartini ke140 dan Hari Otonomi daerah ke-23.

 

BOLMUT -- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Upacara Peringatan Hari Kartini Ke 140 dan Hari Otonomi Daerah Ke 23 Tahun 2019 yang bertempat di Halaman Kantor Bupati Bolmut.

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh selaku Inspektur Upacara membacakan Amanat Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo.

Dalam amanatnya, Mendagri menyampaikan Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2019 mengangkat Tema "Meningkatkan Kualitas SDM Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif".

Tema peringatan ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada Pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM untuk memberdayakan otonomi Daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan Daerah,"Sebut Depri.

Mendagri juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Pemerintah Daerah dan masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya Pemilu Serentak Tanggal 17 April 2019 yang berjalan lancar, aman dan tertib serta pasca pemungutan suara Pemilu Serentak ini diharapkan senantiasa menjaga suasana kondusif di masyarakat, sehingga pelayanan publik dan aktivitas Pemerintahan terselenggara dengan aman, lancar dan terkendali.

Dikatakan, Muara dari pelaksanaan Otonomi Daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi aktif masayrakat. Disamping itu, diharapkan daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman Daerah,"katanya.

Perkembangan pelaksanaan Otonomi Daerah yang cukup signifikan telah dirasakan, namun masih perlu adanya perbaikan dan penempurnaan. Salah satunya dengan memberikan arahan dan pedoman regulasi bagi Daerah.

Peraturan ini hendaknya dapat diaplikasikan secara konsisten serta mengedepankan ketelitian dan kecermatan sehingga dapat diketahui gambaran penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Indonesia.

Terkait dengan Peringatan Hari Kartini, Bupati Bolmut berharap peringatan ini dapat menjadi momentum kebangkitan kaum perempuan untuk ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunnan di Daerah.

Lebih lanjut, disampaikan dalam kaitan Pembangunan di Kabupaten Bolmut banyak program yang menjadi fokus dan membutuhkan partisipasi Perempuan untuk menjadi motor penggerak. Diantaranya meningkatkan kesehatan Ibu dan Anak, menurunkan angka kematian Ibu melahirkan dan angka kematian Bayi, pendidikan dasar sembilan tahun, mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, keikutsertaan perempuan dalam memastikan kelestarian lingkungan hidup dan lainnya.

Sebelumnya, dalam upacara tersebut Bupati Bolmut secara simbolis menyerahkan Peneng Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kabupaten Bolmut Tahun 2018. Diketahui, jumlah calon penerima BSPS Tahun 2018 adalah 365 unit yang tersebar di 13 Desa di 4 Kecamatan.

Turut hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si bersama Ketua DWP Bolmut Hj. Fitriana Nani Buhang, SE, Unsur Forkopimda, Pimpinan Perangkat Daerah, para Camat, Pemerintah Desa dan jajaran ASN. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar