Asus
Pemkab Bolmong Peringati Hari Kartini ke 140

Foto: Wabup Bolmong, Yanny Ronny Tuuk bertindak sebagai Irup pada peringatan hari Kartini ke-140 tahun 2019, kemarin.

BOLMONG—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar upacara peringatan hari Kartini ke-140 tahun 2019. Upacara yang digelar di lapangan kantor bupati, Senin (22/4) kemarin juga dirangkaikan dengan apel Korpri. Wakil Bupati (Wabup) Bolmong, Yanny Ronny Tuuk betindak sebagai inspektur upacara (irup). Pada kesempatan tersebut, Yanny mengatakan, peringatan hari kartini ke-140 kali ini merupakan momentum yang sangat berarti bagi semua, dalam mengenang kembali jasa-jasa Ibu Kartini selaku pelopor kebangkitan kaum perempuan di Indonesia. “Perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa.

Kemampuan ini tentunya membutuhkan pondasi yang kuat serta kepercayaan diri yang tinggi, dan kemampuan ini pula yang mendasari ibu kartini dalam merubah tatanan kehidupan di masyarakat, terkait dengan posisi kaum perempuan di era itu,” kata Wabup. Perjuangan Ibu Kartini dalam mensejajarkan harkat, martabat dan kedudukan perempuan patut menjadi contoh dan motivasi bagi semua. Terutama kaum perempuan Indonesia masa kini, yang merupakan generasi penerus perjuangan ibu kartini. Perjuangan Ibu Kartini menjadi inspirasi bagi kaum perempuan Indonesia, tidak mengenal menyerah, tetap bersahaja dengan tidak meninggalkan keluhuran kodratnya sebagai seorang perempuan.

“Perjuangan ibu Kartini inilah, yang kemudian mengawali kiprah kaum perempuan indonesia saat ini, yang turut berpartisipasi aktif dalam memberikan warna dan makna di tengah-tengah kehidupan masyarakat, dengan berbagai kegiatan sosial,” tuturnya. Dirinya mencontohkan, saat ini sangat banyak kaum perempuan khususnya di Kabupaten Bolmong, yang menduduki dan memegang jabatan strategis di berbagai tingkatan pemerintahan baik itu di legislatif maupun di eksekutif. Oleh karena itu, pada peringatan hari kartini tahun ini, ia mengajak kepada seluruh kaum perempuan di bolmong, untuk dapat menyikapi dengan cerdas perkembangan zaman saat ini, dengan menyadari peran dan fungsi perempuan sebagai penerus perjuangan ibu kartini. “Mari kita semua selaku kaum perempuan di bolmong, untuk terus bersatu memberikan kerja dan karya yang terbaik, demi peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat kabupaten bolaang mongondow,” tandas Wabup.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar