Asus
Yasti: CPNS Jangan Banyak Menuntut Bukan Haknya

Foto: Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow saat menyerahkan SK kepada 218 CPNS Bolmong, kemarin.

 

BOLMONG—Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow kembali memberikan motivasi dan arahan kepada 218 CPNS Bolmong. Hal itu dia sampaikan saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) Bupati secara resmi kepada 218 CPNS Bolmong, di ruang rapat kantor Bupati, Senin (8/4) kemarin. Top eksekutif Pemkab Bolmong itu berharap, para CPNS yang baru menerima SK agar senantiasa bersyukur atas rejeki dan amanah yang diterima. Apalagi kata dia, saat ini profesi sebagai PNS atau ASN masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat dalam mencari pekerjaan. Dan kondisi itu membuat persaingan menjadi semakin ketat. “Kepada adik-adikku yang hari ini (kemarin) menerima SK CPNS patut bersyukur kepada Allah SWA, Tuhan Yang Maha Esa, atas rejeki dan amanah yang diberikan untuk siap menjalankan kewajiban sebagai pelayan publik,” kata Yasti.

CPNS sebagai bagian dari unsur aparatur pemerintah, lanjutnya, mempunyai fungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Sekaligus juga sebagai perencana, pelaksana dan pengawas penyelengaraan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan.  Bupati berpendapat, ASN sejati adalah ASN yang kepuasan kerjanya tidak ditentukan oleh besarnya pendapatan yang diterima. Tetapi ditentukan oleh tingginya kepuasan dan kesejahteraan masyarakat yang dilayani, sebagai dampak dari kemampuan dan profesionalitas yang dimiliki oleh ASN tersebut. “Inilah yang membedakan ASN dengan profesi lainnya. Karena keuntungan ASN bukanlah bersifat materi, tetapi lebih bersifat pada pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, lebih khusus pengabdian kepada daerah kita tercinta,” ungkapnya.

Srikandi Tanah Totabuan itu juga mengimbau, kepada  para CPNS sebagai pelayan masyarakat.CPNS harus bisa menempatkan diri sebagai pelayan atau abdi masyarakat yang baik. Harapan besar masyarakat adalah, para CPNS bisa menjadi ASN yang bersih, kompeten dan melayani. Sehingga itu, laksanakan tugas dengan penuh rasa ikhlas dan tanggungjawab. Kedepankan kewajiban dan tidak banyak menuntut yang bukan haknya. Terapkan nilai-nilai budaya kerja aparatur. Pelihara selalu integritas dan wibawa sebagai seorang ASN. “Tingkatkan motivasi dan etos kerja, serta tingkatkan kualitas moral dan keimanan, karena adik-adikku para CPNS dituntut untuk mengedepankan profesionalisme, kedisiplinan, dedikasi dan loyalitas terhadap pemerintah daerah,” kuncinya.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar