Asus
Bitung Jadi Percontohan Kota Layak Anak di Sulut

Foto: Wali Kota Bitung Max Lomban Hadiri Rapat penilaian KLA 2019.


BITUNG—Wali Kota Bitung, Maximiliaan J Lomban SE MSi menghadiri Rapat penilaian Kota Layak Anak tahun 2019 didampingi Sekretaris Kota Bitung, DR Audy Pangemanan AP MSi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ir Telly A Lengkong bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Walikota Bitung.

Lomban bersyukur ketika Kota Bitung dijadikan percontohan bagi kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Utara. Ia mengingatkan pesan Gubernur Sulawesi Utara saat Kota Bitung beberapa kali mendapatkan WTP, Adipura, dan Kota Sehat untuk boleh meraih penghargaan Provinsi Sehat. Prestasi ini harus ditularkan ke kabupaten/kota yang lain di Sulut, ini menjadikan Bitung sebagai kota tujuan untuk studi banding bagi daerah yang lain.

Lomban pun menjelaskan setiap 2 tahun sekali kota Bitung mendapatkan PADAPA sama dengan Madya Kota Layak Anak, WIWERDA sama dengan Nindya Kota layak Anak, dan Wisatara Kota Sehat sebanyak 3 kali. Target Utama tahun ini yaitu Nindya Kota Layak Anak, Tapi saat ini penilaian kota layak anak sudah tidak lagi digabung penilaiannya tetapi dipilah perkecamatan dan kelurahan dengan masing-masing nilai 100 poin. Harapannya 100 poin dikontribusikan Kecamatan dan Kelurahan, dan yang paling utama adalah porfil anak di setiap kecamatan dan kelurahan seperti jumlah anak, Akte kelahiran dan Kartun Identitas Anak( KIA).

"Batas waktu pemasukan tanggal 4 bulan April dan penilaian akan dilakukan pada bulan Juni oleh tim verifikasi pusat Kota Layak Anak," ujar Lomban. didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan. Dilanjutkan, Apa yang  dilakukan harus teradministrasi dengan baik dan pada rel yang benar sehingga dalam memperjuangkan Bitung sebagai Kota peduli Anak akan memberi dampak positif kepada anak.

Lewat pertemuan boleh menghasilkan output yang baik sehingga mampu mendapatkan kembali penghargaan Kota Sehat dan Kota layak Anak tahun 2019. Turut hadir Ketua PKK juga selaku Ketua PUSPAGA Kota Bitung, Dra Khouny Lomban Rawung, para Asisten Setda Kota Bitung, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ir Telly A Lengkong, seluruh Kepala SKPD,  Camat dan Lurah.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar