Asus
Gaghana Hadiri Upacara Tulude di Nustab

foto: Bupati Jabes E Gaghana saat memberikan sambutan di upacara adat tulude di Nustab.

SANGIHE—Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana ME menghadiri acara Tulude di Kecaman Nusa Tabukan (Nustab), Rabu (27/2).

Bupati saat memberikan sambunyanya, mengapresiasi acara adat Tulude yang diselenggarakan Pemerintah dan Masyarakat Kecamatan Nustab, yang menjadi modal Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Karena melalui momen- momen penyelenggaraan Budaya Adat seperti ini, senantiasa dapat menciptakan hubungan kekeluargaan dan rasa persatuan di masyarakat. Karena itu Pemkab terus mendorong dan mendukung pengembangan dan pelestarian budaya yang ada di Kecamatan Nustab. "Saya mengapresiasi Pemerintah dan Masyarakat Nustab, yang menjadikan ini sebagai agenda tetap. Pentingnya menyelenggarakan acara Tulude seperti ini adalah, sebuah realitas perjalanan kehidupan kita sebagai umat manusia yang tau mensyukuri hikmah Alah SWA, Tuhan yang Maha kuasa dalam perjalanan  kehidupan kita yang baru,”ungkap Gaghana.

Bupati menitipkan kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Sangihe, agar Nustab menjadi Rol model terhadap penyelenggaraan upacara adat Tuludem, dan hal ini dapat diteruskan ke wilayah kecamatan lain, supaya mengikuti dari kecamatan Nustab yang melaksanakan acara Tulude setiap Tahun, dengan pola bergiliran dengan budaya kangkung."Terima kasih atas pemikiran yang baik dan indah dari Pemerintah dan Masyarakat  Nustab, dalam hajatan Tulude yang saat ini terselenggara. Perayaan Tulude ini bukan sekedar upacara belaka, Tulude ini mempunyai esensi sakral dimana Tulude bukan hanya dimengerti  orang tua, tetapi juga anak cucu kita harus diajarkan esensi Tulude termasuk apa itu menahulending, menamakan Timor apa lagi memotong kue adat Tamo,"tutur Bupati.

Gaghana juga berterimakasih, untuk dinas pariwisata setiap tahun telah menyelenggarakan lomba memotong Tamo. Proses -proses ini diakui Bupati memberikan pendidikan registrasi bagi yang ada di Kabupaten Sangihe."Saya pun berterima kasih kepada orang tua yang merelakan anaknya menjadi penari gunde maupun tarian-tarian lain juga mereka mainkan,”imbuh orang nomor satu di bumi tampungang lawo ini.

Disela-sela kegiatan acara Tulude, telah dikukuhkan  lima orang Kapitalaung sebagai Ketua Adat Kampung oleh Camat Nustab selaku Ketua Adat Kecamatan. Turut Hadir pada acara tersebut Wakil Ketua DPRD, FJ Sampakang, Kadis Pariwisata, Kadis Tenaga Kerja, Kasat POL-PP, Kabag Pengadaan Barang dan jasa,  Kabag Umum, Kabag Humas.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar