Asus
Maret, Pembangunan 140 Unit RLH Dimulai

Foto : Salah satu RTLH yang telah dibangun Pemkab Bolsel untuk warga kurang mampu beberapa tahun silam.

 

BOLSEL—Program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan(Bolsel) terus dilakukan, terbukti melalui sejumlah organisasi perangkat daerah(OPD) program peningkatan kesejahteraan rakyat terus dilakukan. Tahun ini melalui Dinas Sosial(Dinsos) pemerintah daerah kembali menganggarkan pembangunan 140 unit Rumah Layak Huni(RLH) yang tersebar di lima kecamatan.

Kepala Dinas Sosial Hartati Mohune dikonfirmasi Minggu(24/2) menuturkan, pembangunan 140 unit RLH ini dipastikan running Maret mendatang. “Tanggalnya belum bisa kita pastikan apakah awal bulan, pertengahan, atau akhir bulan. Namun yang pasti pembangunannya akan dimulai bulan Maret, karena saat ini dokumen RLH itu sudah masuk di ULP,” katanya.

Disebutkannya, untuk pembangunan 140 unit RLH yang akan dibangun di 5 kecamatan yakni, Kecamatan Pinolosian, Pinolosian Timur(Pintim), Bolaang Uki, Tomini dan Posigadan ini menelan anggaran kurang lebih Rp 7 miliar. “Mekanismenya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni masyarakat penerima tinggal menerima kunci saja, RLH akan dibangun oleh pihak ke tiga dengan total anggaran per unitnya lima puluh juta rupiah,” ujarnya.

Untuk tahun ini kadis menambahkan, belum ada pembangunan RLH bagi masyarakat lanjut usia(Lansia). “Tahun ini hanya dikhususkan bagi masyarakat fakir miskin(FM) lansia belum ada,” tandasnya.

Sekadar diketahui, pembangunan RLH merupakan salah satu program prioritas pemerintah daerah dalam rangka menekan angka kemiskinan. Pembangunan 140 unit RLH dengan total anggaran Rp 7 miliar ini dianggarkan melalui anggaran pendapatan belanja daerah(APBD) tahun anggaran 2019. Pada tahun sebelumnya, pemerintah daerah melalui Dinsos juga sukses membangun 180 unit RLH untuk rakyat kurang mampu.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar