Asus
Hilary Lasut Bersaksi Dihadapan Warga Rutan Manado

foto: Hilary Brigita Lasut SH tatap muka dengan WBP Rutan Manado, kemarin.

 

MANADO—Putri semata wayang pasangan Dr Elly Engelbert Lasut (E2L) – dr Telly Tjangkulung (T2), Hilary Brigita Lasut SH (HBL), sulit melupakan kediaman ‘sementara waktu’ sang ayah di masa masa. Iapun memutuskan bertandang ke Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIA Manado, Senin (25/2) sore. Datang bersama sang ibu dan pentolan Stand Up Comedy Mongol Stres, mahasiswi Strata-2 di Amerika Serikat itu tampak terharu dan berbaur dalam ibadah sore bersama ratusan warga binaan rutan.

Hilary mengakui perubahan fisik kondisi rutan. “Rutan dulu agak berbeda dengan sekarang. Gerejanya sudah bagus, pelayanannya juga baik,” komentar Hilary yang mulai populer dengan sebutan HBL. Konon, pergulatan E2L di ranah hukum nyaris memukul perasaan anak belasan tahun, seusia Hilary waktu itu. “Saya masih pelajar SMP, ketika papa (E2L) ditahan di sini. Sebagai anak, saya amat terpukul karena di usia itu, saya butuh bimbingan orang tua,” tutur Hilary.

Kisah masa lalu, yang memantik semangat kemandirian selama menempuh pendidikan, mengelola keuangan termasuk menjaga pergaulan. Ia menceritakan, bagaimana harus berpindah-pindah sekolah karena diganjar cibiran orang, lantaran persoalan hukum sang ayah. Berkat bimbingan ibu (T2), Hilary kukuh menyelesaikan pendidikan. Hingga akhirnya ia mampu menempuh Stara-1 di Universitas Pelita Harapan (UPH). “Waktu mau masuk kuliah saya tanya ke papa, masih ada uang buat kuliah di UPH? Karena mahal di sana,” sentil Hilary. Bahkan di universitas yang sama, politisi muda itu memperolah beasiswa 100 persen, setelah melewati ujian seleksi.

Usai menyelesaikan studi di UPH, ia melanjutkan pendidikan Strata-2 di Amerika Serikat. Hingga akhirnya memutuskan untuk terjun di gelanggang politik. Hilary berpesan mengenai semangat hidup sebagai warga binaan pemasyarakat (WBP). Ia membagikan pengalaman spiritual. “Jangan berkecil hati, karena masih ada Tuhan yang menghibur kita,” pesan Hilary.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar