Asus
Gaghana -Palandung Hadiri Rakorda Pemantapan Pemilu 2019

foto: Wabup Drs John Palandung MSi terlihat juga Bupati Sangihe Jabes E Gaghana saat menghadiri Rakorda di ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

 

NUSTAR— Bupati Sangihe Jabes E Gaghana serta Wakil Bupati Sitaro Drs John Palandung MSi, Senin (25/2) kemarin. Terlihat dua pejabat di wilayah Nusa Utara (Nustar) ini, berdampingan menghadiri, Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dalam Rangka Pemantapan Penyelenggaraan  Pemilu Serentak di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2019. Digelar di ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Rakorda dipimpin langsung Gubernur Sulut Olly Dondokombey SE ini, Acara ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti Rapat tingkat Nasional dan Rakor di Makasar beberapa waktu lalu.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, dalam arahanya berharap agar pemilu di Sulawesi Utara berjalan dengan baik sebagaimana harapan kita bersama.“Jangan kita menggiring masyarakat untuk kepentingan pribadi, tapi giringlah masyarakat pada kesuksesan Pemilu nanti,” sebut Gubernur.

Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana ME mengungkapkan, sebagai pemerintah kabupaten (Pemkab) Sangihe, dirinya akan mengupayakan kesiapan peran pemerintah daerah, dalam mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu seretak pada 17 April 2019 mendatang. Dan dia berharap kebersamaan yang terjalin selama ini akan tetap terjaga."Sebagai pemerintah daerah, saya mengajak masyarakat Sangihe saling bergandengan tangan, bahu-membahu demi suksesnya Pemilu serentak ini, yakni Pileg dan Pilpres,”ajaknya

Sementara itu, di tempat yang sama Wakil Bupati Sitaro Drs John Palandung, pada kesempatan ini juga mengatakan inti dari Rakorda ini, adalah monitoring dan evaluasi persiapan pelaksaan Pemilu serentak tahun 2019. Juga salah satu upaya deteksi dini, antisipasi dini terhadap kemungkinan terjadinya gangguan stabilitas keamanan, yang berpotensi mengganggu jalannya Pemilu.“Tujuan lainnya ialah supaya adanya sinergitas antara pemerintah provinsi, pemerintah daerah serta stakeholder terkait dalam menjalankan tugasnya, sehingga tercipta iklim demokrasi yang kondusif, aman, dan damai,” ujar Palandung.

Palandung juga menyampaikan, sebagai pemerintah daerah, pihaknya akan mengupayakan kesiapan peran pemerintah daerah. Tentunya dalam mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu serentak pada 17 April 2019 nanti.“Saya yakin, masyarakat Sitaro tidak akan mudah diadu domba atau diprovokasi. Karena Sitaro sendiri, adalah daerah religius yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang diwariskan para leluhur,” ujar Palandung.

Ungkapan yang sama di gaungkan orang nomor satu di Sangihe dan orang nomor dua di Sitaro, keduanya juga mengharapkan kebersamaan yang terjalin selama ini di wilayah Sangihe dan Sitaro akan tetap terjaga.“Mari kita saling bergandengan tangan, bahu membahu demi suksesnya Pemilu serentak ini, yakni Pileg dan Pilpres,” ajak kedua pimpinan bersahaja ini.

Diketahui, setelah pembukaan Rakorda dilanjutkan dengan diskusi panel yang terbagi atas 2 sesi. Pemateri sesi pertama Kapolda Sulut Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Hardjanto dan Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan. Dan pemateri sesi kedua yakni Perwakilan Bawaslu Provinsi Sulut dan Ketua KPU Provinsi Sulut  Dr Ardiles Mewoh

Sebagai peserta rapat ini adalah Bupati, Walikota dan Forkopimda Kabupaten/Kota se-Sulut serta Camat, Lurah dan Kepala Kampung se-Sulawesi Utara. Turut dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Drs Steven Kandow, Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigit Tri Hardjanto, Kajati Sulut M Roskanedi SH dan Danlantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta M Mar Stud, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan, Sekprov Sulut Edwin Silangen, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sulut serta para kepala daerah di 15 kabupaten/kota, unsure Fokopimda dan para camat serta kepala desa se-Sulut.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar