Asus
Pemkab Bolsel Pacu Perampungan Pembangunan Pura dan Gereja

Foto : Tampak Pura, rumah ibadah Ummat Hindu yang dibangun Pemkab Bolsel melalui APBD. Tahun ini, pihak Pemkab pastikan tahun ini Pura tersebut diresmikan.

 

BOLSEL—Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus berupaya menuntaskan pembangunan Pura dan Gereja di kawasan perkantoran, Panango. Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) selaku instansi teknis menargetkan, proyek  dua rumah ibadah tersebut, sudah dilelang sebelum Maret. “Kita (Kesra) bersama Tim teknis  Dinas PUPR sedang menyiapkan dokumen lelang. Insaa Allah, sebelum Maret sudah dilelang,” kata Kepala Bagian Kesra Eka Frie Van Gobel, kemarin. 

Dituturkannya, tahun 2017 lalu, dialokasikan Rp 1,7 M untuk pembangunan gereja dan Rp 750 pembangunan Pura. Masing-masing untuk kegiatan tahap 1. Tahun 2018, kembali dianggarkan kegiatan tahap II, Rp 1,75 Miliar untuk pembangunan gereja dan Rp 1 Miliar pembangunan Pura.  “Tahap ke tiga ini, Pemkab mengalokasi sekira 3,7 miliar dalam APBD untuk 2 kegiatan,” tuturnya.

Dari total pagu anggaran tersebut lanjutnya, Rp 1,7 Miliar untuk perampungan bangunan Pura dan Rp2 M tahap akhir pembangunan Gereja. “Intinya, pembangunan Geraja dan Pura, Insaa Allah selesai tahun ini,” tambahnya. 

Sekadar diketahui, bangunan Gereja, Pure dan Masjid Amirul Mukminin dibangun berdampingan di kawasan Kantor Pemerintah Pemkab Bolsel, untuk memperkuat visi religius daerah yang diusung pasangan H2M Bersinar (Hi Herson Mayulu bersama Iskandar Kamaru,red) pada Pilkada 2015 lalu. Untuk masjid Amirul Mukminin, pembangunannya telah rampung 2017 lalu. Tiga tempat ibadah tersebut juga sebagai simbol kerukunan beragama di Bolsel.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar