Asus
Petani Bolsel Diminta Sukseskan Program Pajale

Foto: Sugeng Purwono

 

BOLSEL—Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Bolaang Mongindiw Selatan (Bolsel) mengajak seluruh petani turut menyukseskan program pertanian padi, jagung, dan kedelai (Pajale). 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Sugeng Purwono. “Petani bisa memanfaatkan  lahan tidur menjadi lahan produktif,” katanya.

Menurutnya, Bolsel memiliki intensitas tanah subur yang cocok untuk tiga jenis tanaman ini. Sehingga katanya, amat disayangkan jika tidak dimanfaatkan petani. “Tanaman Pajale bisa ditanam diantara sela-sela tanaman tahunan seperti kelapa, cengkih tanpa mempengaruhi berkurangnya kesuburan tanah,” ujarnya.

Dalam menyeksuskan program tersebut katanya, penyuluh pertanian akan turun ke desa-desa meningkatkan minat petani. “Tahun depan program ini akan kami maksimalkan dengan target penyaluran bantuan untuk kelompok tani (Poktan),” bebernya.

Selain Pajale katanya, program cetak sawah kembali diupayakan. “Program Pajale dan cetak sawah, tujuannya sama. Menyukseskan program swasembada pangan,” tandasnya.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar