Asus
Ibadah Pra-Natal Bolsel Dihadiri Ribuan Jemaat

Foto : Suasana perayaan Ibadah Pra Natal di Panago, kemarin.

 

BOLSEL—Pelaksanaan Ibadah Pra Natal se-Bolaang Mongondow Raya (BMR) Selasa (18/12) kemarin, sukses digelar di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Kegiatan yang dipusatkan di Halaman Gereja Oikumene Bukit Hermon, Panango ini dibuka oleh Bupati Iskandar Kamaru dan dihadiri oleh Mantan Bupati Hi Herson Mayulu Ketua DPRD Bolsel Hi Abdi Van Gobel, Anggota DPRD Provinsi James Tuuk, Wakil Bupati (wabup) Kabupaten Bolmong Yanni Tuuk, Forkopimda Bolsel, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, Wakil Sekretaris Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sulut Pricylia Elviera, para Asisten, Staf Ahli, Staf Khusus Bupati, Pimpinan OPD Pemkab Bolsel, para pendeta/gembala gereja se-BMR, dan tokoh agama Islam dan Hindu serta ribuan undangan.

Pada kegiatan yang bertemakan, “Lights Shine in The Darkness” suasana toleransi antar umat beragama begitu terasa. Bagaimana tidak, selain dipadati umat kristiani, umat Muslim dan Hindu juga turut ambil bagian. Ibadah pra natal sendiri dipimpin oleh Ketua Majelis Daerah GPdI Sulut, Pdt Ivonne Indriah Awui Lantu.

Usai ibadah dilanjutkan dengan kegiatan seremoni. Dalam sambutannya, Bupati Iskandar Kamaru menyatakan kegiatan ini menjadi agenda daerah yang akan digelar setiap tahun. "Cita-cita kita menjadikan Bolsel sebagai laboratorium umat beragama di Sulut. Kami berterima kasih kepada Bupati Bolsek dua periode Hi Herson Mayulu atas fondasi religius yang telah diletakkan pada awal pembangunan Bolsel," tutur Bupati definitif kedua Kabupaten Bolsel ini.

Selanjutnya, Gubernur Sulut yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Daniel Mewengkang  saat membacakan sambutan gubernur menyampaikan, momen ini menciptakan kebersamaan dan persaudaraan tanpa mebeda-bedakan. "Jadikan sebagai sarana peningkatan motivasi semangat dan sportivitas dalam membangun," ucap Mewengkang.

Setelah itu, penyampaian pesan dan kesan dari perwakilan lintas agama. Kesempatan pertama oleh Pdt DR Albert Awui dari Biro Organisasi GPdI Sulut mewakil umat kristiani. "Hari ini kita sangat bersuka cita. Belum ada di tempat lain baru ada di Bolsel. Terima kasih kepada Bapak Hi Herson Mayulu (Bupati definitif pertama) sebagai pemrakarsa," Tutur Pdt Albert di hadapan ribuan jemaat.

Selanjutnya pesan dan kesan disampaikan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Bolmong I Nyoman Suwaman.

"Kegiatan ini meningkatkan kerukunan antar umat beragama serta persatuan dan kesatuan. Sejalan dengan ajaran agama hindu. Umat minoritas merasa berbahagia berada di tengah-tengah agama mayoritas. Terima kasih kepada Bapak Hi Herson Mayulu. Kami diberikan pura tempat ibadah agama hindu. Rumah ibadah ini akan dipergunakan oleh seluruh umat hindu yang datang beribadah di Bolsel," ucapnya.

Sementara dari kalangan Islam pesan dan kesan disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sulut sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulut Hi Herson Mayulu.

"Nikmat iman sehingga kita yang berbeda suku, beda agama bisa bersatu di tempat ini sebagai ciptaan tuhan. Terima kasih atas kedatangannya ke Bolsel. Sudah mendukung visi religius Bolsel," kata mantan Bupati dua periode Bolsel ini yang diketahui sebagai penggagas visi religius yang kini menjadi ikon Kabupaten Bolsel.

Dia juga menambahkan alasannya mengusung visi religius pada Pilkada pertama Bolsel 2010 lalu. "Kami menginginkan sekuruh masyarakat Bolsel takut tuhan. Takut berbuat salah karena selaku diawasi oleh tuhan," katanya.

Di akhir sambutannya, Herson berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya ASN Bolsel agar lebih tekun beribadah. "untuk ASN kristen ambil hikmah Johanes 8:12 ’akulah terang dunia; barang siapa mengikut aku ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup’," tutup Mantan bupati yang pernah menerima penghargaan sebagai Tokoh Toleransi Umat Beragama Provinsi Sulut ini. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar