Asus
Manado Peringkat Pertama Keterbukaan Informasi Publik

foto: Wali Kota bersama para kepala daerah usai menerima penghargaan dari Gubernur Sulut, Kamis kemarin.

 

MANADO—Kota Manado kembali diganjar penghargaan terkait keterbukaan informasi publik. Kali ini, apresiasi datang dari Komisi Informasi Publik Sulawesi Utara (Sulut) yang menempatkan Kota Manado pada Peringkat Satu dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik kabupaten/kota se-Sulawesi Utara.
Penghargaan itu diterima langsung Wali Kota Manado, DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang diwakili Kepala Biro Organisasi, DR Glady Kawatu SH MSi di ballroom Swissbel Maleosan Hotel, Kamis (13/12) kemarin.

Ketua KIP Sulut, Andre Mongdong mengatakan penilaian keterbukaan publik merupakan salah satu indikator untuk mengukur sejauh mana keterlibatan pemerintah daerah dalam penyampaian informasi kepada masyarakat melalui teknologi yang ada. “Kami mendorong Pemda untuk melakukan terobosan dalam memberikan informasi yang terbuka kepada masyarakat,” tukasnya.

Sementara, Komisioner KIP Sulut, Ready Sumual menjelaskan penilaian keterbukaan informasi publik dilakukan pada 15 kabupaten/kota di Sulut sejak Agustus sampai November 2018. Sesuai penilaian tersebut, ada enam kabupaten/kota yang masuk nominasi dan Kota Manado menempati Peringkat Pertama dengan nilai 88,06. “Penilaian yang dilakukan oleh Komisi Informasi Publik Provinsi Sulawesi Utara melalui monitoring dan evaluasi dalam rangka Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik kepada 15 Kabupaten/kota, berdasarkan penilaian yang dilakukan selama bulan Agustus sampai dengan November 2018,” ujar Sumual.

Wali Kota sendiri mengatakan prestasi yang diraih Kota Manado menjadi tantangan untuk lebih meningkatkan inovasi terkait keterbukaan informasi publik kepada masyarakat. “Terima kasih kami kepada Komisi Informasi Publik yang memberikan penghargaan dan menempatkan Manado pada peringkat pertama. Ini adalah tantangan bagi kami untuk lebih bekerja keras meningkatkan inovasi tentang keterbukaan informasi publik kepada masyarakat Kota Manado,” ujar orang nomor satu di Kota Manado ini yang turut didampingi Kabag Pemerintahan Humas Manado Steven Runtuwene SSos.

Diketahui, untuk peringkat kedua ditempati Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan nilai 87,73, disusul Kota Kotamobagu pada peringkat ketiga dengan perolehan nilai 85,42. Sedangkan, peringkat keempat sampai keenam ditempati Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Bitung dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar