Asus
H2M Layak Sandang Gelar Tokoh Toleran

Foto : Hi Herson Mayulu

BOLSEL — Mantan Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu (H2M) sering disebut sebagai tokoh toleransi Sulawesi Utara (Sulut) ternyata bukan sekedar isapan jempol belaka. Terbukti, mantan bupati dua periode ini mendapat hasil survey yang dilaksanakan oleh Center For Alternatif (CAP) Manado belum lama ini.

Direktur CAP Pitres Somowadile mengatakan survey yang dilakukan adalah jawaban pemilih (responden) atas citra pluralitas yang melekat pada masing-masing Calon Legislatif (Caleg) DPR-RI asal Bolaang Mongondow Raya (BMR) untuk Pemilu 2019.

“Ini hasil survey terbaru dari CAP per November 2018. Kita ingin mengetahui bagaimana tingkat terterimanya para caleg untuk lintas pemeluk agama,” katanya saat bersuah dengan pewarta akhir pekan lalu. Dikatakannya, mayoritas pemilih (memilih) menjatuhkan pilihannya kepada Caleg PDIP Hi Herson Mayulu. “Dari total pemilih muslim 38,13 persen memilih H2M (Herson Mayulu). Disusul Djelantik Mokodompit di tempat kedua dengan perolehan 19,17 persen dan di tempat ketiga ada Kamran Podomi 6,46 persen lalu Benny Ramdhani 5,00 persen lalu disusul nama lainnya. Sementara 16,67 pemilih belum punya pilihan,” bebernya.

Lanjutnya, untuk pemilih Kristen (Protestan, Katolik, Pantekosta dan Adven), Hi Herson Mayulu kembali meraup pilihan terbanyak dengan angka 52,83 persen, begitu juga pemilih Hindu dengan presetasi 30,77 persen. “Kesimpulan survey CAP ini, Hi Herson Mayulu mencatat angka tertinggi tingkat kepercayaan pemilih lintas agama di BMR,” katanya.

Tidak hanya pemilih lintas agama saja, CAP juga mensurvey responden lintas suku/etnik yag ada di BMR. “Sama seperti pemilih lintas agama, untuk lintas suku/etnik, H2M juga meraup presentasi pilihan teratas,” katanya. Sekadar informasi, gelar tokoh toleransi yang disematkan kepada sosok mantan Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu yang kini masih aktif sebgai Ketua Lembaga Pengembanga Tilawatil Qur’an Provinsi Sulut ini diberikan pada kegiatan Festival Paskah di Kabupaten Bolsel 2017 lalu.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar