Asus
Asisten III Buka Kegiatan Konsolidasi dan Evaluasi Tim Saber Pungli

foto: Asisten III Pemkot Manado membuka rapat konsolidasi dan evaluasi Tim Saber Pungli.

 

MANADO—Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere SH  mewakili Wali Kota Manado, DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA membuka kegiatan Konsolidasi dan Evaluasi Tim Saber (Sapu Bersih) Pungli (Pungutan Liar) Kota Manado, Sabtu (01/12) kemarin. Asisten III mengatakan bahwa sudah dua tahun terbentuknya Tim Saber Pungli Kota Manado, eksistensi dalam melaksanakan tugas-tugas pencegahan terhadap aksi pungutan liar di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkot maupun lembaga lainnya, harus terus dipertahankan. "Di tahun kedua ini, Tim Saber Pungli kita harus lebih eksis. Kita lakukan dalam tindakan representatif atau pencegahan, mudah-mudahan itu tidak terjadi dikalangan ASN Pemkot Manado. Banyak hal yang perlu dibicarakan dalam konsolidasi Tim Saber Pungli, khususnya sosialisasi hingga ke tingkat kelurahan dan pihak-pihak sekolah," tukasnya.

Frans juga, selain pencegahan, harus pula ditindaklanjuti dengan penindakan untuk menimbulkan efek jera. "Dan jika sudah terus menerus dalam upaya pencegahan, maka kedepan harus ada penindakan. Karena korupsi merupakan kejahatan luar biasa, maka kerja dengan hati dan takut akan Tuhan. Kedepan tidak ada tawar menawar, soal pemberantasan Pungli. Jadi upaya pencegahan terus dilakukan, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati atau sudah terjerumus ke hal yang merugikan banyak pihak," tegasnya.

Ia mengingatkan Tim Saber Pungli agar menindak tegas mereka yang hanya memperkaya diri sendiri maupun bersama-sama. "Jangan ada unsur memperkaya diri sendiri maupun bersama-sama, kalau sebelumnya masih tahap teguran kedepan sudah pasti akan berproses hukum," pungkasnya.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar