Asus
2019 Pemkab Bolsel Alokasikan Bantuan Perahu Tuna untuk Nelayan

Foto : Bupati Iskandar Kamaru saat menyerahkan bantuan 25 unit perahu fiber tuna, beberapa bulan lalu. Untuk tahun 2019 mendatang, Pemkab kembali siapkan 50 unit jenis bantuan yang sama.

 

BOLSEL—Dalam rangka memudahkan nelayan dalam mencari ikan, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) kembali menganggarkan bantuan 50 unit perahu fiber untuk 2019 mendatang. Sebagaimana yang dikatakan Kepala Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Awaludin Lamalani, saat bersuah dengan wartawan belum lama ini.

Ia menyebutkan, dari 50 unit perahu fiber terebut terbagi dalam dua jenis diantaranya 30 unit fiber tuna (0,5 GT kapasitas mesin 5,5 PK) dan 20 unit perahu fiber tuna (1 GT kapasitas mesin 15 PK). “Tiga puluh unit fiber 0,5 GT itu untuk 6 kelompok nelayan. Jadi, masing-masing kelompok akan mendapat lima unit. Sedangkan 1 GT untuk 20 kelompok nelayan. Satu kelompok mendapat satu unit,”paparnya.

Lanjut Kepala Dinas, untuk menganggarkan bantuan tersebut, Pemkab Bolsel mengalokasikan dana sekira Rp2 Miliar. “600  juta untuk pengadaan 30 unit perahu yang berkapasitas 0,5 GT dan 1,4 Miliar untuk perahu 1 GT. Selain perahu dan mesin tempel, Pemkab juga akan memberikan bantuan berupa alat pancing,”bebernya.

Dikatakannya, pembagiannya sama seperti sebelumnya. Kelompok nelayan, mengajukan proposal tahun ini, tapi realiasasinya tahun 2019. “Proposal yang diajukan masih diverifikasi terlebih dahulu agar bantuan tepat sasaran. Selain itu, penyerahan bantuan agak lama karena pembuatan perahu membutuhkan waktu yang panjang,” katanya.

Menurutnya, potensi ikan tuna di perairan Bolsel cukup potensial. “Itu salah satu alasan Pemkab memberikan bantuan kepada kelompok nelayan,” tukasnya.

Sekedar diketahui, beberapa bulan lalu, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru juga menyerahkan 25 unit bantuan perahu fiber 1 GT untuk beberapa kelompok nelayan.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar