Asus
  450 Paket Diterima Warga Talaud
KLIKSULUT, TALAUD - Penyerahan bantuan bahan pokok dan bantuan kesehatan kerjasama Kementerian Sosial, Bakamla dan BNPB tahap terakhir untuk wilayah Zona Maritim Tengah, telah terlaksana di Melonguane, Pulau Karakelang, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Senin (19/10/2020). 
 
 
Bantuan dibawa menggunakan kapal KN. Pulau Marore-322 yang dioperasikan Bakamla Zona Maritim Tengah, menempuh jarak sejauh 183 Nm dari Dermaga pelabuhan Munte, Likupang Barat, Minahasa Utara, menuju ke Pulau Karakelang, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut.
 
 
Pulau yang berada di ujung paling utara Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina tersebut ditempuh selama 12 jam dengan kecepatan rata-rata 16 Knot dalam kondisi cuaca hujan berangin dan ketinggian gelombang laut mencapai 2-2,5 meter.
 
 
Setibanya di Dermaga Pelabuhan Melonguane, Kepala Bakamla Zona Maritim Tengah Laksma. Bakamla Leonidas Braksan yang memimpin langsung pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) Operasi Cegah Tangkal 2020 bersama seluruh Anak Buah Kapal (ABK) KN. Pulau Marore-322 disambut dengan upacara adat khas Talaud dan pengalungan bunga.
 
 
Bupati Talaud, Elly Engelbert Lasut didampingi jajaran Forkopimda turut hadir menyambut kedatangan rombongan dari Bakamla. 
 
 
"Perkembangan Covid-19 di Kepulauan Talaud selama ini telah tercatat 26 kasus positif dan seluruhnya dinyatakan sudah sembuh dan hari ini sudah dinyatakan tidak ada kasus positif. Talaud tidak lagi memiliki pasien positif Covid-19.” Ujar Elly Lasut pada sambutannya.
 
Meskipun Talaud telah dinyatakan sebagai zona hijau, tidak menutup adanya warga yang terdampak pandemi Covid-19 secara ekonomi, akibat pembatasan ruang gerak yang secara langsung maupun tidak mempengaruhi pendapatan masyarakat.
 
 
Bantuan bahan pokok dan bantuan kesehatan yang dibawa pihak Bakamla menyasar ratusan warga Talaud yang terdampak secara ekonomi tersebut.
 
 
"Kita harus memiliki kepedulian kepada sesama manusia, sinergitas antara Kemensos, BNPB dan Bakamla turut berperan serta. Jumlahnya mungkin tidak seberapa , kita bersama sama menanggulangi pandemi ini, kita bersama sama membantu pemerintah dalam mengupayakan apa yang jadi permasalahan di Masyarakat menjadi perhatian kita" Ujar Leonidas pada sambutannya.
 
 
Sebanyak 450 paket sembako dibagikan kepada warga Talaud yang membutuhkan. Tidak hanya itu, bentuan kesehatan berupa pemeriksaan Tes Cepat (Rapid Test) Anti gen Covid-19 yang dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Melonguane dilaksanakan secara gratis untuk warga masyarakat.
 
 
Menutup pelaksanaan kegiatan tersebut, Elly Lasut mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kemensos, BNPB dan terkhusus kepada Bakamla yang secara nyata menunujukkan kepeduliannya terhadap warga masyarakat Bumi Porodisa dalam meringankan dampak pandemi Covid-19. ZMTh/WMK.(YUD)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar