Asus
Rumah Produksi Gula Semut Beroperasi Tahun Depan

FOTO:Peralatan mesin produksi yang sudah tersedia di dalam bangunan rumah produksi gula semut

 

KLIKSULUT, KOTAMOBAGU – Rumah produksi gula semut yang dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) di Desa Moyag Tampoan, Kecamatan Kotamobagu Timur, tidak lama lagi akan difungsikan. Fisik bangunannya sudah selesai dikerjakan, begitu juga dengan peralatan mesin yang sudah tersedia. Pengoperasiannya tinggal kelengkapan sarana dan prasarana penunjang seperti; listrik, air bersih dan sebagainya.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker), Fadlun Paputungan, mengatakan sarana dan prasarana penunjang sudah rampung, rumah produksi itu katanya akan langsung dioperasikan. “Diperkirakan awal tahun depan sudah mulai dioperasikan,” katanya.

Rumah produksi gula semut itu katanya akan dikelola pemerintah desa dengan mengakomodir para pelaku usaha gula semut desa setempat.

“Pengelolaannya diserahkan sepenuhnya ke desa apakah melalui BUMDes atau seperti apa,” ujarnya.

Kehadiran rumah produksi gula semut itu akan sangat membantu para pengrajin gula semut baik dari sisi efektivitas produksi maupun kualitas produk semut yang dihasilkan. Desa Moyag dikenal sebagai penghasil gula semut yang menjadi salah satu produk unggulan Kota Kotamobagu. (*)

 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar