Asus
Aplikasi E-Tour Wakatobi Diluncurkan
KLIKSULUT, MANADO - Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), kian menarik bagi wisatawan. Persoalannya, bagi mereka yang belum pernah pelesiran ke Wakatobi, tentu ragu. Nah, untuk mencari informasi mengenai Wakatobi yang lengkap, Anda bisa mengunduh aplikasi "E-Tour Wakatobi".  
 
E-Tour Wakatobi dibuat oleh Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi, Darman, dan diluncurkan di PlayStore pada 28 Agustus 2019 dengan nama “E-Tour Wakatobi”.
 
Menurut Darman, ia bersama stafnya di kantor taman nasional terdorong membuat aplikasi ini agar wisatawan atau siapa pun yang ingin berkunjung ke lokasi wisata andalan Indonesia ini punya informasi lengkap untuk persiapan. “Biaya, penginapan, dan akomodasi sudah tergambar sebelum tiba ke sini,” kata Darman di Wakatobi, 6 Oktober 2019.
 
Darman membuat aplikasi ini selama dua bulan. Ia menyiapkannya sebagai bekal Pelatihan dan Pendidikan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Bogor selama tiga bulan.
 
Ketika presentasi akhir pada Jumat pekan lalu, paparan dan proposal aplikasi ini mendapat penghargaan memuaskan. “Alhamdulillah orang suka karena memang kita perlu informasi yang terintegrasi sebelum berkunjung ke lokasi wisata,” kata dia,dilansir dari Tempo.com.
 
Dengan aplikasi ini ia berharap kunjungan wisatawan ke Wakatobi meningkat karena masyarakat sudah bisa mengakses informasinya sejak awal. Data 2018 menunjukkan pengunjung Wakatobi yang datang ke empat pulau di kawasan taman nasional ini sebanyak 562 turis lokal dan 2.592 turis asing. Menurut Darman, jumlah ini yang tercatat di retribusi saja. “Banyak juga yang datang langsung ke spot,” kata dia.
 
Ia maklum para turis tidak tahu informasi ke mana harus melapor saat tiba di Wakatobi, karena informasinya tidak tersedia di internet. Dengan aplikasi ini, turis bisa mengetahui kantor-kantor mana saja yang harus ia datangi, atau paling tidak menelepon karena sudah tersedia di perangkat ini.
 
Karena masih dalam pengembangan, informasi dalam aplikasi ini baru sebatas telepon. Darman bercita-cita mengoneksikan semua layanan wisata Wakatobi melalui aplikasi ini. Sejauh ini, ia baru menyimpan nomor-nomor telepon hotel di perangkat itu, belum dilengkapi dengan pemesanan online. “Jika tak ada halangan kami luncurkan aplikasi ini pada Januari 2020,” kata Darman.
 
Wakatobi merupakan 1 dari 10 tujuan wisata yang sedang gencar dipromosikan oleh pemerintah Indonesia. Namun, informasi lokasi wisata ini masih minim di internet, terutama tentang tata cara mendapatkan fasilitas ketika sudah sampai di Wakatobi. Berangkat dari keadaan ini, Darman tergerak mengumpulkannya dalam satu pintu melalui perangkat ini.
 
Aplikasi “E-Tour Wakatobi” baru tersedia di PlayStore. Darman belum terpikir untuk membuatnya di AppStore karena masih dalam pengembangan. Ia berharap layanan online ini memudahkan siapa saja yang hendak berkunjung ke Wakatobi dan publik lebih mengetahui informasi seputar tujuan wisata ini.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar