Asus
Palandung Hadiri 3 Agenda Penting di Jakarta

foto: Wabup Drs John Palandung MSi menghadiri Rapat Kerja Nasional, Pusat dan Daerah, serta Launching Gerakan Indonesia Bersih.

 

SITARO— Kamis (21/2) kemarin,  Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kepulauan Sitaro Drs John Palandung MSi menghadiri Rapat Kerja Nasional, Pusat dan Daerah, serta Launching Gerakan Indonesia Bersih, di Jakarta.

Palandung mengatakan dalam rapat tersebut dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. "Mungkin gerakan Indonesia bersih ini kelihatannya memang sepele. Namun, ini menjadi sorotan dunia, seperti World Bank dan lembaga dunia lainnya. Betapa sampah dan kebersihan jadi isu global," kata Luhut dalam sambutannya di Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sementara itu, di lokasi yang sama Wabup Palandung mengatakan rapat kerja tersebut bertujuan, untuk mengajak seluruh pihak mewujudkan kesamaan langkah dan kepedulian pengelolaan sampah, dengan memanfaatkan momentum Hari Peduli Sampah Nasionai tahun 2019." Tentunya dengan rapat kerja ini diharapkan dapat menjadi katalis dan medium sinergi nasional, untuk meningkatkan dampak dan kualitas pengelolaan sampah di Indonesia," harap Palandung.

Menurut Palandung, perhatian nasional dan internasionai pada sampah juga tertuju pada sampah plastik, dengan segala potensi akibatnya kepada manusia dan satwa. Dia mengatakan sampah plastik di laut ukuran mikro atau marine debris sangat berbahaya, karena menganggu kesehatan apabila debris masuk dalam pencernaan ikan dan masuk dalam sistem rantai pangan. "Pemerintah Pusat dan Daerah bertekad untuk kita bersama dapat mengatasi masalah sampah laut dan plastik di Indonesia," ujar Palandung. Lanjut dia juga mengatakan Program Gerakan Indonesia Bersih merupakan salah satu Gerakan Revolusi Mental yang tercantum dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2016. “Dimana Momentum Gerakan Revolusi Mental ini bertepatan dengan tanggal 21 Februari yang merupakan Hari Peduli Sampah Nasional,” pungkas Palandung.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar