Asus
Penghargaan SAKIP Predikat B Diraih Pemkab Sitaro

foto: Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen SE saat menerima penghargaan SAKIP dengan predikat B dari pemerintah pusat, Selasa (19/2).

 

SITARO – Pemkab Sitaro boleh berbangga. Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (SAKIP) diterima dengan predikat B dari pemerintah pusat, Kemenpan RB. Bupati Evangelian Sasingen SE menerima langsung penghargaan dari Menteri PAN-RB, Komjen Pol Syafruddin dalam acara SAKIP Award 2018 di Makassar, Selasa (19/2).

Predikat penghargaan SAKIP tahun ini terbilang naik ketimbang pada tahun lalu yang hanya mendapat predikat CC. Perolehan penghargaan itu tidak lepas dari inovasi Bupati Evangelian Sasingen SE dalam mengelola pemerintahannya.

Dalam berbagai kesempatan, Sasingen, terjun langsung memberikan arahan dan memotivasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar meningkatkan akuntabilitas kinerja pemerintahan. Sebagai realisasi visi APBD Pro Rakyat, Sasingen mengharapkan seluruh OPD agar anggaran OPD mengacu pada Indikator Kinerja Utama yang telah ditetapkan.

Setelah tahun lalu, SAKIP Kabupaten Sitaro mendapatkan predikat CC, setelah dilaksanakan berbagai perbaikan kini meningkat lagi menjadi B. "Saya mengharapkan seluruh pejabat mulai dari pimpinan OPD sampai eselon III dan IV mau mempelajari SAKIP," kata Sasingen.

Dengan nilai predikat B ini, berarti penggunaan APBD Kabupaten Sitaro telah mencapai sasaran yang ditetapkan dalam RPJMD. Mulai dari visi misi dalam RPJMD, Rencana strategis, Rencana Kinerja, program, dan sampai kegiatan. Sehingga ada efektivitas pembelanjaan APBD untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Kepala Inspektorat, Nova Lahengking  yang ikut mendampingi penerimaan penghargaan menjelaskan komitmen kepala daerah terhadap pentingnya akuntabilitas kinerja pemerintahan menjadi modal berharga dalam memperoleh penghargaan ini.

Dia menargetkan tahun depan Kabupaten Sitaro bisa naik kelas. Dengan segala kemampuan sumber daya yang dimiliki, ditambah komitmen kepala daerah dan OPD, dia berharap tahun depan, SAKIP pemerintah Kabupaten Sitaro bisa mendapatkan predikat BB bahkan A.

"Dengan predikat kinerja B yang merupakan penilaian mulai dari Rencana Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Internal, serta Capaian Kinerja ini semakin menuntut efektif dan efisien dalam membelanjakan anggaran. Prestasi ini wajib ditingkatkan pada tahun depan," katanya.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar