Asus
Pelayanan Dinas Dukcapil dan DPMPTSP Masuk Kategori Baik

foto: Tiga OPD di lingkungan Pemkot Kotamobagu menerima penghargaan dari KemenPAN-RB sebagai unit penyelenggara pelayanan publik dengan kategori baik. Tampak Kepala Dinas Dukcapil usai menerima piagam penghargaan dari MenPAN-RB di Balai Kartini, Jakarta.

 

KOTAMOBAGU—Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN-RB) mengumumkan hasil penilaian pelayanan publik yang dilakukan unit penyelenggara di instansi pemerintah daerah. Hasilnya, dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) yakni; Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), mendapat penghargaan sebagai unit penyelenggara pelayanan publik dengan kategori baik. Sedangkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu mendapat kategori baik dengan catatan. Penghargaan berupa piagam diserahkan MenPAN-RB, Syarifuddin, di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (27/11).

“Alhamdulillah tadi (kemarin, red) kita menerima piagam penghargaan dari KemenPAN-RB soal pelayanan publik. Untuk Dinas Catatan Sipil dan DPMPTSP sama-sama mendapat kategori baik. Kemudian RSUD Kotamobagu juga kategori baik, tapi dengan catatan,” kata Kepala Dinas Dukcapil, Virginia Olii.

Ia mengungkapkan, dari 15 daerah di Sulawesi Utara hanya tujuh diantaranya termasuk Kota Kotamobagu yang mendapat penghargaan tersebut. “Penghargaan ini menjadi penambah semangat bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan. Masyarakat yang datang akan kami layani dengan baik dan maksimal,” ungkapnya.

Senada, Kepala DPMPTSP Noval Manoppo, mengatakan penilaian unit kerja penyelenggara pelayanan publik dilakukan pada Agustus lalu, dengn indikator peniliaian yang terdiri dari kebijakan pelayanan, profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan. “Kita bersyukur karena dari hasil penilaian masuk kategori baik. Itu berarti semua indikator penilaiannya sudah terpenuhi. Ini adalah sebuah hal positif, karena sebagai kota jasa maka pelayanan publik juga harus baik,” jelasnya.

Ia mengakui, raihan penghargaan tersebut tak lepas dari dorongan Wali Kota Tatong Bara yang tak henti-hentinya mengingatkan semua OPD terutama yang berurusan dengan pelayanan publik untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan ke masyarakat. “Ibu (wali kota) selalu menekankan bahwa masyarakat adalah atasan dan kita (pegawai) adalah pelayan, sehingga sebagai pelayan harus selalu melayani atasan (masyarakat) dengan maksimal. Itu yang selalu wali kota sampaikan,” sebutnya.

Raihan penghargaan itu juga katanya menjadi pemacu dan pemicu semangat bagi pihaknya untuk terus meningkatkan pelayanan ke masyarakat. “Prestasi ini akan kita pertahankan dan terus ditingkatkan lagi. Apalagi DPMPTSP ini berurusan langsung dengan masyarakat, maka pelayanan harus baik dan selalu maksimal,” tambahnya.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar